2 Jenis yang berhubungan dengan  LPSE : Mockup

Sejarah LPSE Jawa Barat, fungsi dan fungsi utamanya

Pernahkah Anda menggunakan layanan LPSE Jawa Barat?   Seperti layanan serupa lainnya di provinsi ini, organisasi ini melayani pengelolaan teknologi dan informasi. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pelaksanaan pembelian barang dan jasa secara elektronik.

LPSE sendiri merupakan singkatan dari Electronic Procurement Service. Dalam hal ini, Anda dapat menemukan manajer pengadaan di lembagadan peran regional yang belum memiliki LPSE secara elektronik. Selain memfasilitasi para pejabat ini, ia juga melayani pemasok barang dan pdi wilayah tersebut.

Sejarah LPSE Jawa Barat

Beberapa peristiwa penting mendukung pembentukan lembaga tersebut. Apakah Anda tertarik untuk mengetahuinya? Betul, pada tahun 2009, pemerintah provinsi Jawa Barat rupanya memutuskan untuk melakukan perombakan atau perubahan struktur SOTK atau tata kelola organisasi di provinsi Jawa Barat.

Beberapa perubahan yang dilakukan, salah satunya adalah pembuatan unit baru.  Ini adalah LPSE Jawa Barat.   Unit pengadaan baru ini sebenarnya merupakan gabungan dari Unit Jasa Pengadaan dan PSMA. Keputusan itu sebenarnya diambil sesuai dengan arahan koruptor dan asisten pencegahan KPK.

Pada saat itu, pembentukan unit juga telah disepakati bersama. Terakhir, pemerintah provinsi Jawa Barat telah resmi memiliki satuan LPSE dan telah disahkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku mengenai pembentukan LPSE di daerah lignkungan, tepatnya UU No. 112 Tahun 2018.

Kantor tersebut sekarang berada di bawah arahan Asisten Pembangunan Ekonomi. Unit ini memiliki tugas penting dalam mencampur pengadaan barang dan jasa. Ini dilakukan melalui kataulayanan penahbisan. Dalam hal ini, unit baru akan memberikan layanan bersama kepada seluruh masyarakat di pemprov Jawa Barat.

Unit ini juga memiliki mitra yang hebat untuk melakukan tugasnya dengan lebih mudah. Mitra pendamping antara lain LKPP atau Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Mitra lainnya adalah INAPROC dan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum/JDiH Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

 Fungsi LPSE Jawa Barat

Lantas, bagaimana dengan tugas unit? Unit ini memiliki banyak tugas. Salah satu tugas yang perlu dilakukan adalah mengoordinasikan pelaksanaan tugas pada perangkat regional. Mereka juga bertanggung jawab untuk melakukan layanan administrasi dalam pembelian barang dan jasa.

Pengelolaan barang dan jasa meliputi pengelolaan elektronik, advokasi dengan  kewenangan   provinsi, untuk melaksanakan pendampingan sesuai dengan bidang tugasnya. Dekonsentrasi juga merupakan salah satu tugas utama mereka. Selain itu, unit LPSE Jawa Barat  juga bertanggung jawab untuk merumuskan kebijakan umum dan koordinasi administrasi.

Jika dirinci di bawah ini, unit di area ini memiliki beberapa sekering penting, antara lain:

  1. Administrasi di Biro Perdagangan Jasa dan Barang

Dalam hal ini, LPSE bertanggung jawab untuk mengelola Kantor Pengadaan Barang dan Jasa. Ini harus dilakukan oleh staf sesuai dengan tupoksi pekerjaan mereka.

  1. Menyelenggarakan perumusan kebijakan

 Lpse provinsi Jawa Barat  juga berfungsi sebagai implementasi dalam hal koordinasi administratif, pembinaan, pengawasan, perumusan kebijakan umum, pengendalian di bidang pengadaan barang dan jasa.

  1. Evaluasi

Unit ini juga bertanggung jawab untuk melakukan evaluasi. Selain itu, pelaporan hasil pelaksanaan tugas yang berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa juga harus dilakukan dengan benar.

  1. Fungsi lainnya

Selain ketiga fungsi di atas, unit ini juga memiliki tugas sebagai fungsi. Implementasi fungsi-fungsi yang disebutkan di sini terdiri dari melakukan fungsi-fungsi lain sesuai dengan fungsi dan tugas utamanya.

Pembentukan LPSE dalam hal ini merupakan bukti nyata dari pemerintah. Dalam hal ini, pemerintah provinsi Jawa Barat sangat serius memastikan pelaksanaan tugas-tugas tersebut dapat terintegrasi dengan baik. Dengan cara ini, tujuan meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas tugas akan berjalan tanpa hambatan.

Dasar hukum untuk pembentukan LPSE

Apa yang mendasari terciptanya  LPSE Provinsi  Jawa   Barat?  Unit pengadaan telah dibentuk dengan sebaik-baiknya sehingga segala tugas dan kewajiban dikemudian hari dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. LPSE di setiap pemerintah provinsi juga memiliki dasar hukumnya sendiri.

Dasar-dasar hukum darisistem yang disebutkankemudian digunakan sebagai dasar untuk penciptaannya. Adapa yayasan yang memang menjadi dasar terciptanya lembaga tersebut.  Beberapa di antaranya adalah:

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

Salah satu fondasi yang memungkinkan lembaga ini didirikan adalah memastikan bahwa kualitas sumber daya manusia semakin ditingkatkan. Dengan lembaga ini, semuanya dapat difasilitasi dengan cara elektronik. Dengan demikian, manusia juga dapat berpartisipasi dalam meningkatkan keterampilan mereka.

  1. Meningkatkan peran masyarakat

Dasar dari layanan LPSE Jawa Barat  lainnya  adalah untuk memastikan bahwa masyarakat memainkan peran yang lebih besar di bidang pembangunan. Tidak hanya itu, media massa dalam hal ini juga sangat diperlukan untuk berpartisipasi dalam bidang pembangunan.

  1. Mengembangkan media teknologi

Di dunia yang maju seperti sekarang ini, teknologi perlu ditingkatkan. Keberadaan LPSE juga didasarkan pada perkembangan teknologi. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung pelestarian budaya pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

  1. Penggunaan teknologi yang lebih optimal

Penggunaan teknologi harus dilakukan dengan cara yang paling optimal. Bekerja dengan teknologi yang matang dan akurat akan membuat segalanya begitu mudah. Ini adalah salah satu dasar dari penciptaan lembaga.

  1. Pemberdayaan Teknologi

Dalam hal ini, pembuatan lpse provinsi Jawa Barat juga bertujuan untuk membuat pemberdayaan teknologi lebih optimal. Jika teknologi tersebut diaktifkan secara lebih optimal, maka efektivitas efisiensi dalam pelaksanaan pekerjaan akan tercapai dengan lebih mudah dan lancar.

2 Jenis yang berhubungan dengan  LPSE

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, lembaga ini dibagi menjadi beberapa jenis. Dua jenis yang terkait dengan lembaga-lembaga ini adalah :

  1. Penyedia Layanan LPSE

Salah satu jenis LPSE adalah unit ini. Organisasi yang termasuk dalam lembaga ini termasuk orang-orang yang bertanggung jawab atas bidang layanan kepada pengguna. Ada juga seorang presiden, bidang verifikasi dan pendaftaran, di bidang sosialisasi dan pelatihan.   Semuanya diaturdengan cara terbaik untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik

  1. Penyedia Sistem LPSE

Tidak seperti penyedia layanan, ada beberapa organisasi dalam pengaturan mereka. Ini karena ia memiliki alamat situs web sendiri. Dengan demikian, mereka bertanggung jawab untuk mengelola database sendiri dan melakukan fungsi-fungsi lain.

Misalnya, penyedia sistem akan mensosialisasikan  sasiuntuk pembelian pemasok barang dan jasa, mengatur pelatihan, melay a ni, untuk memverifikasi data tertentu. Data yang perlu dicek biasanya berkisar dari akta, SIUP, KTP, hingga izin sesuai bidangnya masing-masing.

Manajemen server juga dilakukan oleh dua jenis di atas. Dalam hal ini, LPSE memang sangat diperlukan karena pengadaan barang secara elektronik jelas akan memudahkan semuanya. Tidak hanya itu, tetapi juga akan menjadi lebih transparan.

Pelaksanaan pekerjaan akan menjadi lebih mudah, lebih bertanggung jawab dan optimalisasi pelaksanaan belanja pemerintah akan lebih mudah dicapai. Semua dilakukan dengan tugas dan fungsi yang sesuai dengan yang ditentukan oleh lpse Jawa Barat.

Selengkapnya