Resep sederhana dan cepat lainnya untuk makanan dan minuman Jawa Barat : JIC

Resep Makanan dan Minuman Jawa Barat

 

Resep makanan dan minuman Jabar bisa menjadi alternatif kerinduan ketika pandemi memaksa semua orang untuk tidak keluar rumah. Belum lagi liburan, pada saat-saat seperti itu pemerintah mendorong semua orang untuk tinggal di rumah demi kesehatan secara keseluruhan.

 

Jika kita ingat bahwa pada awal Maret 2019, dua orang Indonesia pertama kali dinyatakan positif terkena virus corona. Virus ini menyebar dengan cepat, bahkan hingga saat ini, ketika vaksin sudah mulai menyebar, masih ada pembatasan di berbagai daerah.

 

Khusus di industri pariwisata, beberapa tempat wisata bahkan dituntut agar pengunjung, jika ingin berkunjung, memberikan bukti kecepatan dengan hasil negatif. Misalnya, tempat wisata Kebun Raya Bogor yang merupakan salah satu objek wisata alam di Jawa Barat.

 

Pembahasan mengenai pariwisata tentu tidak lepas dari kuliner khas daerah ini, seperti Bogor yang terkenal dengan spons talas, mie kuning, dan lumpia basahnya. Memasak bisa menjadi alternatif dari kerinduan.  tidak perlu pergi jauh Anda dapat segera menyiapkan resep  sendiri  untuk hidangan dan minuman Jawa Barat di rumah bersama dengan resep.

 

Tahu Gejrot to Seblak, jajanan Jabar yang telah menyebar ke seluruh Indonesia

Makanan ringan atau juga dikenal dengan makanan ringan, adalah jenis makanan yang biasanya dimakan di antara waktu makan. Hidangan ini identik dengan porsi kecil dengan rasa yang berbeda. Namun bagi sebagian orang, jajanan juga bisa menjadi isian, seperti seblak, camilan khas Bandung, Jawa Barat.

 

Anda pasti tidak asing dengan camilan dengan rasa pedas pedas ini. Seblak, salah satu resep khas makanan dan minuman Jawa Barat , yang disukai banyak orang. Seblak sendiri sudah ada di daerah Cyanjura sejak zaman kolonial. Komponen utama Seblak adalah kerupuk. Tak hanya kerupuk, kerupuk merupakan tanda seblake oranye yang terbuat dari udang.

 

Sosis, bakso, kaki, kwetiau, mie dan jamur tiram sering digunakan sebagai aditif untuk hidangan yang satu ini. Cara mengolahnya cukup mudah, pertama-tama Anda perlu menyiapkan bumbu basah, yaitu bawang putih, bawang merah, kencur, kecap manis, cabai secukupnya, merica, daun jeruk, saus pedas, penyedap rasa, gula dan garam.

 

Saring semua bumbu menjadi satu, lalu rebus rempah-rempah sampai harum. Tambahkan 250ml air, masukkan telur, lalu orak-arik.  Masukkan juga sawi hijau, sosis, bakso, kaki, mie, dan bahan lainnya secukupnya. Terakhir, letakkan kerupuk udang jeruk sebagai properti utama Seblak Bandung.

 

Resep di atas adalah resep sederhana untuk seblak, di Internet Anda bisa mendapatkan berbagai variasi seblak lainnya dalam resep untuk makanan dan minuman Jawa Barat .

 

Tidak hanyalah seblak, camilan khas Jawa Barat lainnya yang sederhana dan sangat mudah disiapkan, yaitu Tahu Gejrot. Sesuai dengan namanya, desa Jatiseeng, Ciledug, jajanan asli Kabupaten Cirebon terbuat dari tahu gembos. Selain tahu gembor, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan di bawah ini.

 

Bahan untuk sup bilas coklat:

  1. 1/4 gula merah
  2. 2 sdm kecap manis
  3. Asam jawa secukupnya
  4. Garam

 

Bumbu untuk ganggang:

  1. Bawang putih
  2. Bawang merah
  3. Cabai rawit secukupnya

 

Pertama goreng tahu gantung sampai berwarna keemasan, lalu tiriskan. Siapkan sup bilas dengan merebus gula merah, kecap asam manis dan garam dalam 500 ml air sampai semuanya tercampur. Uleg bawang putih cukup kasar, bawang merah, cabai secukupnya.

 

Tambahkan potongan tahu gembok di atasnya, akhirnya disiram dengan saus cokelat. Aduk sampai semua tahu diselimuti bumbu, tahu gay siap dinikmati. Tahu Gayrot cocok dinikmati kapan saja, di mana saja.

 

Resep untuk hidangan Jawa Barat sederhana dan cepat

Setelah membahas resep makanan ringan, kini kita beralih ke resep lain untuk makanan dan minuman Jawa Barat.  Hidangan Jawa Barat bisa sangat beragam, mulai dari olahan sayuran hingga daging.

 

Hidangan pertama yang akan kita bahas adalah Karedok. Karedok sendiri merupakan salad ala Sunda. Tidak seperti salad gaya Barat, di mana minyak sayur atau minyak zaitun digunakan sebagai campuran, karedok menggunakan saus kacang sebagai bumbu tambahan.

 

Hampir mirip dengan pecel, ciri khas Jawa Tengah, bedanya karedok menggunakan sayuran mentah sebagai bahan utamanya. Karedok sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu terong Karedok, Leunca dan kacang panjang.

 

Sayuran yang digunakan untuk karedok jenis leunca tentu saja adalah buah leunca. Biasanya memilih buah leunca yang masih hijau atau belum terlalu matang. Sementara dalam bentuk terong caredoc, irisan terong mentah adalah bahan utama yang ditambahkan dengan tauge dan kol.

 

Terakhir, karedok kacang panjang, karedok jenis ini didominasi oleh isian kacang panjang ditambah mentimun. Dalam perkembangan zaman, karedok boneka karedok juga beradaptasi dengan selera masyarakat sekitar. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di beberapa daerah di Indonesia karedok juga ditambahkan sayuran dan kerupuk lainnya.

 

Hidangan yang resepnya akan muncul saat mencari resep makanan dan minuman Jawa Barat di Internet adalah Sate Maranggi. Sepintas, sate daging sapi ini tidak berbeda dengan sate lainnya, bedanya sate ini melalui proses rendaman yang cukup lama untuk menciptakan juicy, empuk dan penuh rasa.

 

Bahan utama untuk membuat sate ini tentu saja daging sapi dipotong menjadi kotak-kotak kecil. Anda juga bisa menambahkan lemak sapi untuk menambah rasa sate saat memanggang. Kemudian siapkan rendaman di bawah ini.

 

  1. 1/4 gram gula merah atau gula Jawa.
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 nyanyikan bawang merah
  4. 3 segmen jari jahe
  5. 3 segmen galangālijas pirkstu
  6. Air asam jawa secukupnya
  7. Garam
  8. Kuning telur

 

Hancurkan semua bumbu di atasnya, lalu oleskan pada daging sapi yang ditusuk. Tutup dengan daun pepaya, diamkan selama 3-4 jam sampai bumbu terserap sempurna. Jangan lupa juga menyiapkan sambal untuk menyebarkan sate, yaitu cabai secukupnya, tomat dan garam.

 

Goreng daging sapi di atas arang yang terbakar, bolak-balik agar tidak terbakar. Sajikan dengan sambal, nasi atau ketan hangat. Sate maranggi ala Sunda siap anda nikmati, sajian ini cocok untuk disantap selagi hangat.

 

Minuman menyegarkan khas Jawa Barat harus dicoba

Makan sate di malam hari sudah tepat dikombinasikan dengan minuman rempah khas Jawa Barat, yaitu Bandrek. Bandrek sendiri selalu masuk dalam deretan resep makanan dan minuman Jawa Barat.   Konon minuman ini lahir dari penduduk Dataran Tinggi, Jawa Barat.

 

Dataran tinggi identik dengan suhu dingin, dan minuman berbasis jahe ini digunakan oleh orang-orang di sekitar mereka untuk menghangatkan tubuh mereka. Anda yang ingin mencoba bandrek tidak perlu pergi jauh-jauh ke West Java Heights untuk menikmatinya.

 

Buat saja bandrek Sendiri di rumah, siapkan jahe yang sudah dibakar, gula merah, dan kayu manis. Rebus ketiga bahan itu bersama-sama, minum selagi hangat. Untuk menambah rasa, Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain, seperti telur ayam lokal, serai, kapulaga dan lainnya.

 

Beranjak dari minuman hangat, Jawa Barat juga merupakan minuman spesial yang menyegarkan ketika terik matahari menerpa, I Cendol adalah namanya. Tidak seperti kembarannya, es Dawet, yang dibuat dengan tepung beras, Es Cendol, yang resepnya dapat Anda temukan di buku resep hidangan dan   minuman Jawa Barat, terbuat dari tepung hunkwe atau tepung kacang hijau.

 

Tepung hunkwe, yang direbus sampai mengental dengan penambahan air daun pandan, air ekstrak daun suji untuk pewarnaan, sedikit pati, air busa dan garam secukupnya. Saat mengental, Anda bisa mencetak cendol menggunakan filter dan air es.

 

Rebus juga santan, daun pandan, sedikit garam untuk cendol. Sebagai tambahan dan penambah rasa manis, Anda bisa menggunakan campuran gula merah dan air, yang dimasak sampai sedikit mengental. Jangan lupa untuk menambahkan es batu halus, dan cendol siap dinikmati.

 

Resep sederhana dan cepat lainnya untuk makanan dan minuman Jawa Barat

Selain hidangan dan minuman yang disebutkan di atas, Jawa Barat memiliki menu lain yang tentunya bisa Anda siapkan dengan mudah di rumah. Salah satunya adalah combro atau oncom dijero (di dalam oncom).

 

Sesuai dengan namanya, hidangan ini terbuat dari isian oncom, sedangkan kulit luarnya terbuat dari singkong tumbuk. Cara memasaknya cukup mudah, siapkan beberapa bahan untuk adonan luar di bawah ini.

 

  1. 1 kg haluskan singkong
  2. Rīvēts kokosrieksts pusmūžs
  3. Garam
  4. Bawang putih 3 siung
  5. Bawang merah 3 siung
  6. Kencing 1 segmen pirkstu

 

Sedangkan untuk isian kompbro, gunakan bahan-bahan di bawah ini.

  1. Oncom
  2. Bawang dan bawang putih adalah 5 siung.
  3. Cabai rawit secukupnya
  4. Merica, garam, gula secukupnya
  5. Puravi un violingi

 

Pertama, Anda perlu membuat isian oncom, merebus semua bahan untuk isian sampai harum. Sambil menunggu isiannya sedikit dingin, bentuk kulit luarnya, haluskan bawang putih dan bawang merah. Campur dengan singkong dan kelapa parut.

 

Ambil 1-2 sendok makan adonan luar yang diratakan, lalu isi dengan oncom, bentuk menjadi berlapis-lapis. Lakukan ini berulang kali sampai adonan berakhir. Panaskan minyak goreng dan goreng hingga kombro berwarna kuning keemasan.

 

Selain combro, hidangan Jawa Barat lainnya antara lain lotek, pep tahu, nila pesmol, nasi oncom tutug dan masih banyak lainnya. Minuman termasuk es Oyen, es cincau, bir berbumbu dan lainnya. Semua resep untuk makanan dan minuman khas Jawa Barat dapat dengan mudah ditemukan di Internet dan di buku resep.

Selengkapnya