Menu Tambahan Nasi Liwet Jabar : Nomis

Resep nasi liwet khas Jawa Barat yang lezat

Resep nasi liwet khas Jawa Barat kini banyak dicari. Bukan tanpa alasan, resep ini memiliki rasa yang nyata dengan kelezatan yang tak tertandingi. Jika anda  kebetulan berkunjung ke Jawa Barat, tentunya anda harus mencoba hidangan ini.

Beras Liwet Jawa Barat memiliki rasa yang berbeda dengan beras liwet di daerah lain. Selain kental dengan rempah-rempah, beras liwet Sunda ini memiliki khasiat khusus. Diantaranya adalah sayuran.

Kebanyakan orang Sunda yang tinggal di Jawa Barat memiliki kebiasaan makan sayuran mentah saat makan. Ini juga berlaku untuk memasak hidangan dari nasi liwet. Padahal, sayuran mentah yang dimasukkan ke dalam nasi liwet ini jauh lebih lengkap.

Tak hanya itu, ada menu lain yang kerap dipadukan dengan resep nasi liwet Jawa Barat ini. Diantaranya tempe dan tahu goreng, kangkung goreng, ayam goreng, telur, ikan asin, ikan teri, dan yang paling wajib adalah sambal goang.

Apa yang harus disiapkan sebelum membuat nasi liwet sundan

Pada langkah awal ini, tentunya hal pertama yang  perlu Anda  persiapkan adalah peralatannya. Berbicara tentang nasi liwet, Anda perlu memasaknya menggunakan “hawu” gaya Sundan. Hawu ini seperti tungku. Bahan bakar menggunakan kayu.

Namun, karena persiapan haw ini tidak mudah, Anda juga bisa membuat nasi liwet menggunakan mejikom atau kompor biasa. Metode ini agak lebih sederhana, meskipun sebenarnya penggunaan Mejikom sedikit mengubah rasa liwet.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi liwet itu sendiri. Tenang saja, karena bahan-bahan ini sama sekali tidak sulit ditemukan. Lihat saja stand terdekat di wilayah masing-masing.

Jika bahan-bahannya sudah siap, cukup menyiapkan peralatan tambahan yang diperlukan. Kemudian kita bisa melanjutkan pembahasan resep nasi liwet Jawa Barat  ini lebih lanjut.

Bahan yang dibutuhkan dalam produksi  beras  liwet

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi liwet ini tidak terlalu rumit. Namun yang membuatnya ramai adalah varian menu pelengkap lainnya, yang biasanya disajikan saat acara liwetan itu sendiri. Apa saja bahan-bahannya? Simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Beras 500 gram
  2. Bawang merah 7 siung membersihkan kulitnya
  3. Daun salam 4 buah, cuci bersih
  4. Serai 4 batang sebagai rasa, geprek memancarkan aroma harum
  5. Garam secukupnya
  6. Ikan asin atau ikan teri 150 gram
  7. Air murni 1200 ml

Pastikan semua bahan dalam kondisi bersih dan higienis. Jika Anda menyiapkan semua bahan  ini  , maka kita hanya perlu melakukan proses pembuatan resep nasi liwet Jawa Barat ini  sendiri.

Cara membuat nasi Liwet Sunda

Jika Anda telah menyiapkan bahan-bahan ini  , kami dapat melanjutkan ke tahap produksi. Saat menyiapkan hidangan apa pun, perlu diperhitungkan kemurnian bahan yang akan diproses. Pada dasarnya, makanan merupakan sumber energi bagi kita untuk melakukan sesuatu.

Selain bahan, pastikan juga semua peralatan dalam kondisi higienis. Jika  sudah mengukuhkan dua hal di atas, langkah selanjutnya adalah mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Cuci beras yang sudah Anda siapkan sampai benar-benar bersih, masukkan ke dalam panci dengan ukuran yang sesuai (jika Anda  menggunakan oven atau kompor)
  2. Jika ingin menggunakan mejikom, tentunya nasi merupakan bagian dari mejicom dengan ukuran yang sesuai juga.
  3. Tambahkan air ke nasi hingga 1,5 atau 2 segmen jari.
  4. Masukkan semua bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam nasi
  5. Aduk hingga rata
  6. Nyalakan kompor, oven atau mejikom. Tunggu hingga 45 menit.
  7. Setelah dimasak, angkat dan tuangkan nasi ke tempatnya.

Suku Sunda biasanya menuangkan nasi liwet ini ke atas daun pisang untuk memaksimalkan aromanya. Dengan demikian, aroma harum nasi bercampur dengan aroma segar daun pisang. Ini akan meningkatkan nafsu makan Anda.

Menggunakan komposisi bahan, seperti yang kami jelaskan di atas, nasi liwet kurang lebih cukup untuk porsi sedang untuk 7 orang. Namun, untuk memaksimalkan rasanya, perlu juga memilih hidangan yang melengkapi resep nasi liwet Jawa Barat lainnya.

Menu Tambahan Nasi Liwet Jabar

Tentunya ada banyak menu pelengkap nasi liwet Jawa Barat yang bisa anda  pilih saat ini. Namun, di antara mereka ada beberapa penawaran yang dianggap sebagai tawaran wajib. Tentu saja, Anda tidak perlu meragukan rasanya.

Apalagi jika dikonsumsi dengan nasi liwet yang masih hangat. Tentu saja, rasanya akan jauh lebih enak. Lantas apa saja penawaran pelengkap resep nasi liwet khas Jawa Barat ? Langsung dari kelelawar, inilah pilihannya

  1. Tempe goreng

Hidangan  pertama yang  bisa anda  pilih sebagai suplemen adalah tempe goreng. Menu ini memiliki rasa yang tidak salah lagi. Kandungan nutrisi di dalamnya juga sangat kaya. Menu ini sangat cocok untuk Anda sajikan dengan nasi liwet.

Bahan yang dibutuhkan

  1. tempe 1 blok, potong sesuai selera anda masing-masing
  2. Minyak goreng secukupnya
  3. bawang putih 2 siung
  4. Garam 1/4 sendok teh
  5. Ketumbar 1/2 sdt
  6. Secukupnya kaldu ayam
  7. Vzduch

Cara membuat :

  1. Campur semua bumbu yang telah Anda Pertama haluskan, lalu campur dengan jumlah air yang cukup.
  2. Rendam irisan tempe yang Anda cicipi di dalamnya. Diamkan selama sekitar 10 menit. Tiriskan satu per satu.
  3. Panaskan minyak goreng, goreng tempe yang sudah anda cincang hingga kekuningan dan matang.
  4. Ayam goreng

Selain tempe goreng, ayam goreng juga bisa menjadi pelengkap resep nasi liwet Jawa Barat yang bisa dipilih  . Untuk membuatnya,  Anda bisa mengikuti penjelasan di bawah ini:

Bahan ditama:

  1. Daging ayam 500 gr, potong ukuran sesuai selera masing-masing.
  2. Minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu halus:

  1. Garam 1 sendok teh
  2. Cicipi kaldu ayam bubuk
  3. Ketumbar 1/2 sdt
  4. Kacang kemiri 2 buah
  5. bawang putih 3 siung
  6. Kunyit 4 cm

Cara membuat :

  1. Cuci potongan ayam yang sudah anda siapkan
  2. Haluskan semua bumbu, lalu goreng dengan api sedang sampai membawa harum baru
  3. Tambahkan air putih ke rempah-rempah yang sedang Anda siapkan .
  4. Tumis daging ayam
  5. Makan daging ayam dan rempah-rempah selama 15 menit untuk meresap.
  6. Setelah selesai, goreng satu per satu hingga ayam berwarnakecok elatan.
  7. Sajikan setelah selesai.
  8. Sambal Goang

Menu lain yang melengkapi resep nasi  liwet Jawa Barat  adalah sambal goang. Makanan ini dianggap sebagai makanan wajib. Cara mengatasinya mudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini hingga selesai.

Bahan:

  1. cabai rawit merah hanya 10 buah
  2. bawang putih 1 siung, bersihkan cangkangnya
  3. Pee 1 internode, oloupejte skořápku
  4. Garam secukupnya
  5. minyak panas

Bagaimana cara melakukannya:

  1. Campurkan semua bahan, kaget, hingga menyerupai sambal. Tidak harus terlalu halus, cukup sesuaikan dengan selera.
  2. Panaskan minyak goreng yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah panas, semprotkan di atas sambal yang Anda buat. Kami menjamin bahwa rasanya akan keluar dengan sangat baik jika tetap hanya dalam keadaan kasar.

Untuk memaksimalkan hasilnya, ikuti semua langkah yang telah kami jelaskan di atas. Jangan sampai salah atau terbalik. Jika dilakukan dengan baik, tentu rasa  nasi liwet Jawa Barat dan menu pelengkapnya  akan maksimal.

Read More :