Wajib mencoba minuman menyegarkan khas Jawa Barat : Mp3Juiceit

Resep Makanan dan Minuman Jawa Barat

 

Resep makanan dan minuman Jawa Barat bisa menjadi alternatif kerinduan jika pandemi memaksa semua orang untuk tidak keluar rumah. Belum lagi hari libur, pada saat-saat seperti itu, pemerintah mendorong semua orang untuk tinggal di rumah demi kesehatan bersama.

 

Jika kita ingat, pada awal Maret 2019, dua WNI ditemukan baru pertama kali dinyatakan positif virus corona. Virus ini menyebar dengan cepat, bahkan hingga saat ini, ketika vaksin sudah mulai menyebar, masih ada pembatasan di berbagai daerah.

 

Khusus untuk sektor pariwisata, beberapa tempat wisata bahkan mengharuskan pengunjung untuk memberikan bukti hasil yang cepat dan negatif untuk dikunjungi. Misalnya, tempat wisata Kebun Raya Bogor, salah satu objek wisata alam Jawa Barat.

 

Berbicara tentang pariwisata tentu tidak lepas dari kuliner khas daerah tersebut, seperti Bogor yang terkenal dengan spons tarot, mie kuning dan lumpia basahnya. Kuliner bisa menjadi alternatif kerinduan.  tidak perlu pergi jauh Anda dapat menyiapkan resep makanan dan minuman Jawa Barat Anda sendiri segera di rumah dengan resep.

 

Tahu to Gejrot Seblak, jajanan Jawa Barat yang umum di seluruh Indonesia

Jajanan atau yang juga dikenal dengan jajanan merupakan jenis makanan yang biasanya dimakan di sela-sela waktu makan. Makanan ini identik dengan porsi kecil dengan selera yang berbeda. Namun bagi sebagian orang, jajanan juga bisa menjadi isian, seperti seblak, camilan khas Bandung, Jawa Barat.

 

Camilan dengan rasa asin pedas ini pasti sudah tidak asing lagi. Seblak, salah satu resep makanan dan minuman khas Jawa Barat , yang disukai banyak orang. Seblak sendiri sudah ada di wilayah Cianjur sejak zaman kolonial. Bahan utama seblak adalah kerupuk. Tak hanya kerupuk, kerupuk merupakan ciri khas seblak oranye yang terbuat dari udang.

 

Sosis, bakso, kaki, kwetiau, mie dan jamur tiram sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk makanan yang satu ini. Cara mengolahnya cukup sederhana, pertama-tama Anda perlu menyiapkan bumbu musim hujan, yaitu bawang putih, bawang merah, kencur, kecap manis, cabai secukupnya, merica, daun jeruk, hot sauce, penyedap rasa, gula dan garam.

 

Hancurkan semua bumbu menjadi satu, lalu kecokelatan bumbu sampai harum. Tambahkan 250ml air, masukkan telur lalu bubur.  Masukkan juga sawi hijau, sosis, bakso, kaki, mie dan bahan lainnya sesuai selera. Terakhir, masukkan kerupuk udang jeruk sebagai fitur utama Seblak Bandung.

 

Resep di atas adalah resep seblak sederhana, di Internet Anda dapat menemukan berbagai variasi seblak lainnya dalam resep makanan dan minuman Jawa Barat.

 

Tidak hanyalah seblak, camilan khas Jawa Barat lainnya yang mudah dan sangat mudah disiapkan, yaitu Tahu Gejrot. Sesuai dengan namanya, jajanan asli Desa Jatiseeng, Ciledug, Kabupaten Cirebon terbuat dari tahu gembos. Selain tahu gembor, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan di bawah ini.

 

Brown Flush Soupi koostisosad:

  1. 1/4 gula merah
  2. 2 sendok makan kecap manis
  3. Asam jawa secukupnya
  4. Sool

 

Bumbu Ulegi:

  1. Bawang putih
  2. Bawang merah
  3. Cabai rawit secukupnya

 

Pertama goreng tahu gembok sampai berwarna keemasan, lalu tiriskan. Buat sup pembilasan dengan merebus gula merah, kecap asam manis dan garam dalam 500 ml air sampai semuanya tercampur. Uleg untuk mencicipi bawang putih agak kasar, bawang, cabai.

 

Tambahkan potongan tahu gembok di atasnya, akhirnya celupkan ke dalam saus cokelat. Aduk sampai semua tahu ditutupi dengan rempah-rempah, tahu gejrot siap dinikmati. Tahu Gejrot cocok dinikmati kapan saja, di mana saja.

 

Resep makanan Jawa Barat sederhana dan cepat

Setelah membahas resep snack, kini kita beralih  ke resep makanan dan minuman Jawa Barat lainnya. Makanan khas di Jawa Barat bisa sangat beragam, mulai dari olahan sayuran hingga daging.

 

Makanan pertama yang akan kita bahas adalah Karedok. Karedok sendiri merupakan salad ala Sundanes. Berbeda dengan salad ala Barat yang menggunakan minyak sayur atau minyak zaitun sebagai campuran, karedok menggunakan saus kacang sebagai bumbu tambahan.

 

Hampir mirip dengan pecel khas Jawa Tengah, bedanya karedok menggunakan sayuran mentah sebagai bahan utamanya. Karedok sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu terong Karedok, Leunca dan Kacang Panjang.

 

Sayuran yang digunakan untuk jenis rougho Leunca, tentu saja, adalah buah leunca. Biasanya buah leunca pilihan yang masih hijau atau belum terlalu matang. Pada jenis terong rougho, irisan terong mentah adalah bahan utama yang ditambahkan dengan tauge dan kol.

 

Terakhir, kacang panjang karedok, roughok jenis ini didominasi oleh isian kacang panjang ditambah mentimun. Seiring perkembangan zaman, karedok isi rougho juga menyesuaikan dengan selera masyarakat sekitar. Sehingga tidak heran jika di beberapa daerah di Indonesia, karedok juga ditambahkan dengan sayuran dan kerupuk lainnya.

 

Makanan yang resepnya harus muncul jika Anda mencari di Internet untuk resep makanan dan minuman Jawa Barat , adalah Sate Maranggi. Sepintas, sate daging sapi ini tidak berbeda dengan sate lainnya, bedanya sate ini melalui proses rendaman yang cukup panjang untuk menjadi berair, empuk dan penuh rasa.

 

Bahan utama dalam persiapan sate ini adalah, tentu saja, daging sapi yang dipotong menjadi kotak-kotak kecil. Anda juga bisa menambahkan lemak sapi untuk menambah aroma sate saat memanggang. Kemudian siapkan rendaman di bawah ini.

 

  1. 1/4 gram gula merah atau gula Jawa.
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 bawang merah bernyanyi
  4. 3 segmen jari jahe
  5. 3 segmen galangaalset sõrme
  6. Air asam jawa secukupnya
  7. Sool
  8. Kuning telur

 

Hancurkan semua bumbu di atasnya lalu oleskan ke daging sapi yang ditusuk. Tutup dengan daun pepaya, diamkan selama 3-4 jam sampai rempah-rempah terserap sempurna. Jangan lupa juga menyiapkan sambal untuk menyebarkan sate, yaitu cabai sesuai selera, tomat dan garam.

 

Sate daging sapi panggang pada bara yang terbakar, bolak-balik agar tidak terbakar. Sajikan dengan sambal, nasi atau lem hangat dan nasi. Sate maranggi ala Sunda siap anda nikmati, hidangan ini cocok untuk disantap di waktu yang hangat.

 

Wajib mencoba minuman menyegarkan khas Jawa Barat

Makan sate di malam hari cocok dengan minuman rempah khas Jawa Barat, yaitu Bandrek. Bandrek sendiri selalu termasuk dalam jajaran resep makanan dan minuman Jawa Barat.   Konon minuman ini lahir dari penduduk Dataran Tinggi, Jawa Barat.

 

Dataran tinggi identik dengan suhu dingin ini, dan minuman berbasis jahe ini digunakan oleh orang-orang di sekitar mereka untuk menghangatkan tubuh mereka. Anda yang ingin mencoba bandrek tidak perlu pergi ke Dataran Tinggi Jawa Barat untuk menikmatinya.

 

Buat saja bandrek sendiri di rumah, buat jahe bakar, gula merah, dan kayu manis. Rebus ketiga bahan itu bersama-sama, minum saat hangat. Anda juga bisa menambahkan bahan lain untuk menambah rasa, seperti telur ayam lokal, serai, kapulaga dan lainnya.

 

Beranjak dari minuman hangat, Jawa Barat juga memiliki minuman spesial yang menyegarkan saat terik matahari menyinari, Es Cendo memiliki nama. Berbeda dengan kembarannya, es Dawet yang terbuat dari tepung beras, Es Cendol, yang resepnya akan Anda temukan di buku resep makanan dan minuman Jawa Barat, dibuat dengan tepung hunkwe atau tepung kacang hijau.

 

Tepung hunkwe direbus sampai mengental dengan tambahan air daun pandan, air ekstrak daun suji untuk pewarnaan, sedikit pati, air kapur sirih dan garam secukupnya. Saat mengental, Anda bisa mencetak cendol menggunakan filter dan air es.

 

Rebus juga santan, daun pandan, sedikit garam untuk cendol. Sebagai suplemen dan penambah rasa manis, Anda bisa menggunakan campuran gula merah dan air, dimasak sampai sedikit mengental. Jangan lupa untuk menambahkan es batu yang sangat indah dan cendol siap untuk dinikmati.

 

Resep makanan dan minuman Jawa Barat lainnya yang mudah dan cepat

Selain makanan dan minuman di atas, Jawa Barat memiliki menu lain yang pastinya bisa anda buat dengan mudah di rumah. Salah satunya adalah combro atau oncom dijero (oncom inside).

 

Seperti namanya, makanan ini terbuat dari oncom untuk isiannya, sedangkan kulit luarnya terbuat dari pure singkong. Cara menyiapkannya cukup sederhana, siapkan beberapa bahan untuk adonan luar di bawah ini.

 

  1. 1 kg haluskan maniokit
  2. Kelapa parut setengah tua
  3. Sool
  4. Bawang putih 3 siung
  5. Bawang merah 3 siung
  6. Kencing 1 segmen jari

 

Sedangkan untuk isian combro, gunakan bahan-bahan di bawah ini.

  1. Oncom
  2. Bawang dan bawang putih masing-masing terdiri dari 5 siung.
  3. Cabai rawit secukupnya
  4. Merica, garam, gula secukupnya
  5. Daun bawang dan kemangi

 

Pertama, Anda perlu menyiapkan isian oncom dengan mencokelatkan semua bahan untuk isian sampai harum. Sambil menunggu isiannya sedikit dingin, buat kulit luar dengan bawang putih dan bawang merah halus. Campur singkong dan kelapa parut.

 

Ambil 1-2 sendok makan adonan luar yang diratakan, lalu isi dengan oncom, bentuk menjadi lingkaran. Lakukan ini berulang kali sampai adonan habis. Panaskan minyak goreng dan goreng hingga kombro berwarna kuning keemasan.

 

Selain combro, makanan Jawa Barat lainnya antara lain lotek, pepes tahu, pesmol nila, nasi oncom tutug dan masih banyak lagi. Untuk minuman adalah es Oyen, es cincau, bir rempah-rempah dan lain-lain. Semua resep untuk makanan dan minuman khas Jawa Barat dapat dengan mudah ditemukan di Internet dan di buku resep.

Selengkapnya :