Metode Transfer Kredit yang Diajukan untuk Sesama Pengguna : JurnalJabar

Panduan lengkap cara transfer pulsa Indosat ke sesama

Setiap pengguna provider Indosat ini terkadang tidak memahami dengan baik bagaimana cara melengkapi, memverifikasi dan mentransfer pulsa Indosat ke pengguna lain. Bahkan, pihak penyedia telah menyediakan fitur ini untuk memudahkan Anda tetap berkomunikasi melalui telepon.

Fitur transfer pulsa ini benar-benar sangat berguna, terutama ketika Anda membutuhkan pulsa sementara untuk tetap berhubungan. Namun, ada beberapa persyaratan untuk dapat menggunakan fitur tersebut. Jadi, tidak semua pengguna bisa mentransfer pulsa.

Apabila dianggap tidak memenuhi persyaratan dan ketentuan dari Indosat, maka dapat diketahui bahwa permintaan transfer pulsa kepada pengguna lain tidak dapat diproses. Oleh karena itu, pengguna dapat menghubungi customer service Indosat apabila mengalami kendala dalam penggunaan fitur tersebut.

Syarat dan ketentuan untuk dapat menggunakan fungsi transfer pulsa

Memang, semua pengguna memiliki hak untuk menggunakan fungsi pengiriman kredit yang disediakan oleh penyedia. Hanya saja, pengelola vendor, seperti Indosat, sudah pasti menerapkan beberapa syarat dan ketentuan kepada pengguna untuk menggunakan fitur ini.

Dengan demikian, pengguna harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menggunakan fungsi transfer kredit. Pertama-tama, kartu Indosat digunakan setidaknya selama 180 hari sebelum menggunakan fitur transfer pulsa Indosat.

Dan kemudian, masa tenggang kartu masih setidaknya 30 hari ke depan. Kedua, ada batas minimum untuk aplikasi tunggal untuk transfer kredit.

Provider Indosat sendiri menyatakan bahwa minimal pulsa yang ditransfer adalah Rp 5.000. Apabila Anda mengirimkan transfer pulsa sesuai dengan Rp. 5.000, Indosat tidak akan memproses permohonan yang diajukan. Lalu, ada biaya yang dibebankan kepada pengguna untuk satu kali transfer pulsa sebesar Rp 600 per transaksi.

Syarat dan ketentuan ketiga, sisa pulsa pengirim harus di atas Rp 5.000. Artinya, saat anda mengirimkan pulsa ke pengguna lain, sisa pulsa yang anda miliki harus lebih besar dari Rp. 5.000. Misalnya, Anda memiliki pulsa sebesar Rp. 100.000.

Kirim pulsa ke sesama Indosat sebesar Rp. 10.000. Sehingga, proses transfer pulsa dinyatakan berhasil karena sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, pulsa dari transfer pengguna lain tidak menambah masa aktif paket perdana indosat yang digunakan.

Metode Transfer Kredit yang Diajukan untuk Sesama Pengguna

Setelah mengetahui syarat dan ketentuan penggunaan fungsi transfer kredit, maka Anda bisa langsung mencoba. Perlu dicatat bahwa ada 2 metode transfer pulsa yang dapat digunakan oleh pengguna provider Indosat.

Jadi, Anda dapat memilih salah satu dari 2 metode yang disediakan oleh penyedia. Oleh karena itu, berikut 2 cara transfer pulsa sesama Indosat yang bisa kamu gunakan. Ini termasuk yang berikut:

  1. Transfer pulsa melalui pesan singkat (SMS)

Cara transfer pulsa ke sesama pengguna indosat dapat dilakukan melalui pesan singkat atau SMS. Caranya juga sangat mudah. Pertama, buka menu pesan singkat (SMS).

 

Gunakan format pesan untuk transfer kredit, ketik Transfer Kredit (Spasi) Nomor yang Sengaja Diajukan (Spasi) jumlah kredit yang akan ditransfer. Misalnya Transfer Pulsa 08560492xxx 15000.

 

Kemudian, kirim format pesan transfer kredit terlampir  ke nomor 151. Setelah itu, tekan Kirim Pesan. Tunggu beberapa saat hingga Anda menerima respons melalui SMS. Anda akan menerima kode token pengiriman kredit.

 

Kemudian, balas pesan dengan kode simbol format ok (spasi) yang Anda peroleh di angka 151. Tunggu beberapa saat hingga permintaan transfer kredit dijawab oleh Penyedia yang diajukan.

 

  1. Transfer kredit melalui panggilan USSD

Kini, transfer pulsa Indosat dapat dilakukan melalui panggilan USSD. Ada dua jenis transfer pulsa melalui nelpon USSD, yaitu untuk provider Indosat prabayar dan pascabayar. Untuk pengguna Prabayar Indosat, silakan lakukan langkah-langkah berikut.

 

Pertama, tekan *123*151# lalu tekan tombol panggil. Lalu ketuk angka 1, lalu ketuk balas. Silakan masukkan nomor yang Anda inginkan. Selanjutnya, masukkan nominal pulsa yang ditransfer. Setelah itu, tekan nomor 1 untuk mengkonfirmasi transfer kredit.

 

Untuk pengguna pascabayar, langkah pertama adalah menghubungi *123*7*1*6*1# lalu tekan call. Kemudian, tekan nomor 1 untuk mengkonfirmasi transfer kredit. Silakan masukkan nomor tujuan Anda. Kemudian, masukkan juga jumlah pulsa yang ditransfer. Setelah itu, tekan nomor 1 untuk konfirmasi nomor dan nominal pulsa yang ditransfer.

Limit penggunaan fitur Transfer Pulsa Indosat untuk co-user

Penyedia pengarsipan tentu membatasi pengguna untuk menggunakan fungsi transfer kredit. Ketika Anda telah melampaui ambang batas transfer kredit yang ditentukan oleh penyedia, maka permintaan untuk mengirim kredit ke pengguna lain tidak dapat diproses.

Pengguna Indosat hanya diperbolehkan melakukan transfer pulsa dengan total akumulasi kurang lebih Rp 200.000 per hari. Anda bebas meminta untuk mengirimkan pulsa ke sesama Indosat lebih dari satu kali.

Hanya saja, total akumulasi permintaan pengiriman pulsa harus di bawah Rp 200.000. Jika sudah melebihi batas, maka permintaan transfer pulsa Indosat tidak dapat diproses oleh penyedia. Oleh karena itu, Anda harus lebih bijak dalam menggunakan fitur ini. Tujuannya agar Anda bisa membantu sesama pengguna yang membutuhkan pulsa darurat.

Cara mengatasi kegagalan penggunaan fungsi transfer pulsa

Kemungkinan terjadinya transaksi transfer pulsa yang gagal ke sesama Indosat. Ada beberapa hal yang menyebabkan permintaan yang Anda kirim tidak diproses oleh provider. Hal ini tentu saja sangat mengganggu. Ingat, orang yang kami kirimi pinjaman darurat ini sangat membutuhkan.

Apabila transfer pulsa Indosat dinyatakan tidak berhasil atau tidak berhasil, meskipun telah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, maka Anda dapat menghubungi customer service Indosat. Sangat mudah untuk dapat terhubung dengan layanan pelanggan dari Indosat Ooredoo ini.

Pertama-tama, Anda dapat menghubungi pusat panggilan melalui telepon interaktif di (021) 30003000 (untuk saluran tetap) atau di 100 dan 185 (pengguna smartphone). Nomor call center Indosat aktif selama 24 jam. Jadi, Anda bisa menghubungi call center ketika mengalami kendala.

Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan direct message (DM) melalui Twitter ke akun indosatCare Anda. Harap teruskan keluhan yang Anda temui, seperti tidak mentransfer kredit ke pengguna lain.

Selain itu, Anda juga dapat menghubungi customer service melalui Facebook di Indosat Oredoo. Dan terakhir, Anda bisa mengajukan keluhan terkait masalah transfer pulsa Indosat  melalui aplikasi. Aplikasi MyIm3 dari Indosat Oredoo melayani segala keluhan yang dihadapi pelanggan, seperti gagal transfer pulsa.

Layanan pelanggan di aplikasi MyIm3 juga aktif 24 jam dalam 7 hari. Itu sebabnya Anda bisa langsung melaporkan semua permasalahan yang mereka hadapi melalui call center aplikasi myIm3. Dengan cara ini, semua permasalahan dapat segera ditangani oleh customer service Indosat.

Terkadang beberapa orang kehabisan pulsa dalam situasi darurat. Untuk itu, Indosat menawarkan fitur transfer pulsa untuk sesama pengguna. Ada beberapa syarat dan ketentuan untuk menggunakan fitur tersebut. Setelah itu, pelajari cara transfer pulsa indosat ke pengguna lain.

Read More :