Melaporkan permasalahan tindak pidana ke Polda : Indoglobenews

Temui satuan kepolisian, tim, dan kepala polisi Jawa Barat terbaru

 

Dalam membahas Polda Jawa Barat, tentu tidak lepas dari kesopanan dalam bertugas, melainkan tegas dalam memberantas ketidakadilan. Hal ini disebabkan oleh filosofi masyarakat Sundani dimana mereka selalu dekat dengan alam agar tetap tenang dan tenang. Tetapi ketika dia bertugas, orang-orang masih menghormatinya karena dia tangguh.

 

Saat ini, ada Kapolres baru sebagai pengganti yang lama yang disebabkan oleh hal yang istimewa. Kita bisa membicarakan banyak hal tentang Polda Jawa Barat, termasuk semua unit terbaik kebanggaan mereka yang paling kuat hingga ada tim patroli yang dikenal hingga masuk ke televisi nasional Indonesia.

 

Siapa yang saat ini menjadi Kapolres Jawa Barat?

 

Jika tidak tahu persis siapa kepala Polda Jawa Barat, maka jawabannya adalah Irjen Ahmad Dofiri. Ia memang ditunjuk sebagai pengganti Irjen Rudy Sufahriadi yang dipecat dengan alasan tidak mematuhi protokol kesehatan terbaru. Hal ini merujuk pada kembalinya salah satu ulama ke Indonesia.

 

Kapolres Jawa Barat yang baru terus berada di antara orang-orang Cimahi yang tumbuh di sana dan dididik di sana. Irjen Ahmad Dofiri lahir pada 4 Juni 1967 dan sudah memiliki satu istri dan tiga orang anak. Keluarga ini telah menjadi penghasut foya-foya moral baginya untuk menjadi petugas polisi terbaik.

 

Awal karier Irjen Ahmad Dofiri sendiri bermula ketika ia masuk polsek Tangerang pada tahun 2005 dimana ia langsung menjabat sebagai Kassubag Jabpamentil SDM Polri RI. Ia kemudian melanjutkan ke Kepolisian Bandung pada tahun 2007, saat itu ia mulai memiliki peran yang jauh lebih penting bagi unitnya.

 

Selain itu, Kapolres Jabar yang baru juga sudah masuk Densus 88 sehingga kita tidak perlu meragukan kualitasnya. Irjen Ahmad Dofiri berpartisipasi dalam keamanan negara melawan terorisme. Ia bahkan menulis buku tentang pemberantasan kejahatan teroris sehingga memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

Penulisan buku ini berdasarkan pengalaman pribadi Irjen Ahmad Dofiri yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Sulselaku Tenggara. Wilayah Sulawesi sendiri dikenal cukup berisiko dalam hal dunia terorisme, khususnya daerah Poso dan sekitarnya. Oleh karena itu, Irjen Ahmad Dofiri berani mengambil keputusan untuk ikut memperjuangkan pemberantasannya.

 

Kapolri Terbaik Daerah Jawa Barat Kebanggaan

 

Saat ini di Jawa Barat sama seperti di daerah lain yang dilengkapi dengan unit atau unit kepolisian yang lengkap, salah satunya DVI. Unit ini memiliki fungsi dalam mengidentifikasi korban bencana alam atau kejahatan yang telah meninggal dunia. Tidak ada bedanya, yaitu ada Inafis yang bertanggung jawab atas sidik jari.

 

Selain itu, Kapolres Jabar juga berperan khusus dalam pembentukan polisi pantai dan wisata. Tentu saja, seperti namanya, ia akan bertugas mengamankan wilayah pesisir dan pariwisata. Terutama sering ada kejahatan kecil seperti pencurian atau pengacauan. Tugas kedua adalah membantu orang yang kehilangan atau kehilangan jejak.

 

Ini sangat berbeda dengan unit lain seperti PBB dengan tugas yang lebih besar, yaitu mengirim penjaga perdamaian ke zona perang. Oleh karena itu, suatu kehormatan jika salah satu perwira polda Jawa Barat terpilih sebagai perwira PBB. Bahkan setelah kembali ke rumah, mereka sering diberi penghargaan.

 

Densus 88 bertugas memberantas segala bentuk terorisme di dalam dan sekitar Jawa Barat. Tentu saja, pencegahan preventif adalah pilihan terbaik yang selalu dilakukan unit. Apalagi mengingat di Indonesia cukup berisiko teroris memasukinya, apalagi bersembunyi dengan kedok agama.

 

Mereka mengikuti K-9 di mana mereka benar-benar keren karena mereka dilengkapi dengan anjing sebagai petugas. Mereka mampu mendeteksi berbagai jenis hal penting, seperti mayat dengan obat-obatan. Terakhir, ada unit yang tidak kalah keren yang digerakkan di mana berguna untuk disediakan ketika ada demo atau waktu yang ramai.

 

Tim patroli ternama yang dibentuk Polda Jawa Barat

 

Selain dikenal dengan unitnya, ternyata banyak daerah di Jawa Barat yang telah membentuk tim patroli sendiri karena alasan keamanan, salah satunya Tim Jaguar. Jaguar sendiri yang menciptakan dan memimpin Iptu Winam Agus sebagai pemimpin dan ternyata ia berhasil menyediakan segala macam kegiatan masyarakat, khususnya di Depok dan sekitarnya.

 

Hal ini tentu membuat Kapolres   Jabar mengapresiasi kemampuan mereka dalam mengamankan wilayahnya. Kita dapat melihat sendiri bahwa Jaguar mampu mengurangi tingkat kejahatan dengan tindakannya di program televisi. Masyarakat Indonesia juga lebih tenang jika polisi selalu mampu menjaga wilayahnya agar tidak ada lagi kejahatan jalanan.

 

Pemusnahan geng motor secara khusus memang menjadi salah satu tujuan Jaguar, khususnya di Jakarta Selatan. Hal ini kurang lebih sama dengan Tim Prada di Bandung yang tujuan awalnya benar-benar untuk membasmi geng motor. Apalagi Bandung berisiko berkelahi antar geng karena banyaknya pergaulan.

 

Apalagi Bandung memang cukup sering melakukan kekerasan hingga legalisasi sehingga kemudian banyak pihak yang bergabung dalam tim Prabu. Kemudian, dari unit kejahatan jalanan, hingga narkoba dari Polda Jawa Barat,  mereka bekerja sama. Tim lainnya yakni Cobra asal Bekashi bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di sana.

 

Bekasi sendiri masih merupakan kota besar dan beranggotakan banyak asosiasi organisasi atau geng motor. Hasilnya harus menghindari teror kejahatan, tawuran dan geng motor melalui patroli. Di sini, tim Cobra selalu dapat berpatroli setiap malam dalam jumlah personel yang cukup untuk memerangi kejahatan yang mungkin terjadi.

 

Melaporkan permasalahan tindak pidana ke Polda

 

Jika anda merasa melihat atau merasakan langsung kejahatan tersebut, anda bisa melaporkannya langsung ke markas polisi terdekat. Ini langkah terbaik karena biasanya meski sudah menghubungi call center dan tim patroli umumnya harus melapor secara resmi ke kantor. Jadi semuanya akan lebih baik diurus.

 

Namun, untuk tindakan awal, selain pemberitaan langsung ke Polda Jabar, sarana lain seperti call center dan media sosial kini bisa dihubungi. Jika Anda ingin menghubungi pusat panggilan, hubungi hanya 110. Jumlah ini tentu saja selalu aktif 24 jam.

 

Menelepon call center ini juga gratis karena merupakan layanan bagi warga masyarakat. Nantinya anda bisa melaporkan semuanya, bukan hanya kejahatan tapi kecelakaan atau kerusuhan sipil, terutama terkait perkelahian atau perkelahian, ini harus mengganggu ketertiban sehingga kita harus segera menyelesaikannya dengan memanggil pihak berwenang.

 

Selain call center, kantor dapat dihubungi melalui jejaring sosial, yaitu melalui akun Facebook resmi, Instagram atau Twitter secara langsung. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua unit polisi dilengkapi dengan jejaring sosial mereka sendiri. Jadi perlu Anda ketahui akun mana yang asli karena seringkali ada beberapa akun palsu.

 

Disarankan agar warga Jawa Barat dan sekitarnya selalu siap memiliki call center atau nomor media sosial resmi. Selain itu, ini memungkinkan Anda untuk menghubungi pihak terkait jika terjadi kejahatan baik Anda atau orang lain.

 

Mengingat betapa seriusnya mereka dalam melayani masyarakat, tidak mengherankan jika ke depan hal ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain juga. Terutama dalam sistem pelayanan langsung seperti pembentukan tim patroli di berbagai daerah. Apalagi, Polda Jabar terus berbenah diri agar tetap hadir sebanyak-banyaknya sebagai sahabat rakyat.

Read More :