Keuntungan utama menggunakan pusat layanan bersama : WaMod

Tidak mengerti pusat layanan bersama? Lihat informasi ini

Pusat layanan bersama atau sering disingkat SSC adalah layanan berbagi tugas atau berbagi untuk mengatasi keterbatasan dari sumber daya milik perusahaan dan milik teknologi. Dikatakan bahwa layanan ini adalah layanan yang dibagikan dengan lini lain dari perusahaan agar tidak merasa harus mengeluarkan biaya berlebih untuk memiliki lini layanan sendiri.

Dapat dikatakan bahwa layanan tersebut merupakan layanan wajib yang harus dimiliki oleh perusahaan jika ingin mengoptimalkan kinerja perusahaannya. Bahkan pemerintah sendiri telah menerapkan sistem seperti itu pada BUMN sehingga dapat memanfaatkan pekerjaan tersebut secara maksimal tanpa harus mengeluarkan biaya perawatan yang mahal.

Bagi orang awam, mungkin banyak dari mereka yang belum terlalu familiar dan tentunya tahu apa yang dimaksud dengan layanan semacam ini, karena menabung tidak mudah untuk berkenalan dengan layanan tersebut.

Penjelasan sederhana tentang layanan pusat layanan bersama

Mengingat banyak rumor yang menyatakan bahwa shared service atau SSC merupakan jenis layanan agar dapat meningkatkan optimasi di perusahaan, maka diperlukan pengetahuan untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu SSC. Karena banyak sekali masalah, terutama bagi perusahaan. Denganadanya ebab jika Anda bisa menerapkan layanan seperti itu di perusahaan maka tentunya akan memberikan keuntungan bagi perusahaan agar lebih optimal.

Singkatnya, pusat layanan bersama adalah divisi layanan atau tugas layanan sehingga Anda dapat mengatasi kendala sumber daya. Karena menggunakan konsep ini akan menimbulkan beban bagi perusahaan yang harus dilakukan agar dapat mengejar suatu tujuan dengan membelanjakan sesedikit mungkin. Itu karena mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli teknologi atau hal-hal lain yang menyertainya karena dapat dilakukan melalui SSC.

Menggunakan konsep ini sebenarnya memiliki tujuan tunggal yaitu dapat mengurangi biaya untuk bidang operasi perusahaan dan dapat meningkatkan keandalan layanan di perusahaan. Karena penyelenggara dan agen shared services tentunya akan selalu memberikan pengawasan sehubungan dengan jalannya layanan yang diberikan kepada manajemen oleh banyak ahli di bidangnya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa unit atau agen SSC ini pada suatu perusahaan yang memberikan pelayanan sehingga dapat membagi penggunaannya sehingga dapat digunakan untuk seluruh bagian entitas dalam perusahaan.

Keuntungan utama menggunakan pusat layanan bersama

Bahkan dengan menyadari kelebihan dan kelebihan yang dapat diperoleh melalui konsep layanan, beberapa badan usaha memilih untuk menerapkan atau menerapkan konsep ini. Beberapa contohnya antara lain BUMN seperti Telkom Group dan PT Pertamina yang merupakan salah satu kompetitor terbesar di Indonesia yang menerapkan shared service center. Tentu saja, mereka menyadari beberapa manfaat menggunakan layanan bersama ini.

Salah satu keuntungan menggunakan konsep shared service adalah sebagai sarana untuk mengurangi biaya yang harus dihadapi karena dapat terus mengoptimalkan kinerja perusahaan dengan mengeluarkan biaya yang relatif efisien. Oleh karena itu, menggunakan layanan ini pasti akan dapat meningkatkan manajemen bisnis perusahaan. Akibatnya, perusahaan tidak harus mengalokasikan investasi yang relatif besar hanya untuk perangkat.

Rasanya meningkatkan keandalan dalam sebuah perusahaan tentu menjadi nilai tambah jika penggunaan shared service diterapkan. Jika Anda merasakan manfaat tersebut, tentunya akan sangat menguntungkan bagi perusahaan karena pada akhirnya hal ini akan memiliki fokus sebagai optimalisasi kepuasan pelanggan.

Manfaat lainnya adalah dapat digunakan untuk mendukung keputusan. Sejak menggunakan shared service ternyata data yang dikirimkan dan dianalisis merupakan data yang handal dan siap dieksekusi.

Contoh sederhana penerapan pusat layanan bersama

Mungkin ada banyak dari Anda yang tidak tahu pasti apa itu SSC. Hal ini wajar karena kebanyakan orang yang memahami istilah ini adalah mereka yang bekerja di bidang perusahaan, terutama dalam perkembangan perusahaan. Sebelum Anda dapat mengetahui konsep layanan semacam itu, Anda memerlukan contoh nyata untuk menggambarkan layanan tersebut.

Kami akan mengambil ilustrasi sederhana yang sekarang dapat menggambarkan penerapan konsep ini. Salah satunya adalah perusahaan seperti kantor pos yang mulai menyediakan layanan bersama. Perusahaan ini menggunakan layanan tersebut untuk dapat mengembangkan dan mengelola fungsi SDM, akuntansi dan aset.

Sebelum menggunakan layanan ini, setiap kantor pos tentunya menggunakan support system untuk masing-masing departemen. Contohnya termasuk departemen keuangan, SDM dan lainnya. Namun, sejak diterapkannya konsep layanan ini, setiap kantor pos tidak lagi harus memiliki divisi tersebut karena dapat didesentralisasi berdasarkan wilayah tertentu agar dapat memberikan layanan yang sama untuk membuka beberapa kantor pos.

Oleh karena itu, semua kantor pos kini tidak lagi membutuhkan support department seperti yang disebutkan di atas agar dapat membangun perusahaan sehingga dapat menekan biaya operasional dan mengurangi jumlah karyawan. Biaya menolak karyawan dapat ditugaskan ke kerajaan bisnis, seperti upaya pengiriman barang atau penarikan kembali barang. Sehingga, hal ini mengakibatkan perusahaan dapat bekerja lebih optimal dan efisien tanpa biaya besar.

Hambatan untuk implementasi pusat layanan bersama di perusahaan

Meskipun sudah menjadi rahasia umum bahwa layanan tersebut memang dapat memberikan keuntungan dan optimalisasi yang signifikan bagi perusahaan, namun sayangnya masih banyak perusahaan yang, karena beberapa kendala atau tantangan, telah gagal menerapkan  atau menerapkan  pusat layanan bersama.

Salah satu kendala terbesar bagi sebuah perusahaan jika ingin mengimplementasikan layanan seperti yang telah disebutkan di atas, tentunya mau tidak mau harus bisa mengubah atau menata ulang struktur manajemen. Selain itu, perusahaan juga harus mampu menilai bagaimana manajemen kerja dan sumber daya manusia dapat konsisten dengan tujuan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Oleh karena itu, agar perusahaan dapat lebih fokus pada faktor-faktor penentu keberhasilan perusahaan saat menggunakan atau menerapkan layanan ini, perusahaan harus mengembangkan sumber daya dan infrastruktur yang memadai. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencoba mengkomunikasikan implementasi ini dengan melakukan pertemuan dengan manajemen senior untuk mengimplementasikan perubahan secara efektif.

Dapat disimpulkan bahwa  implementasi  layanan tersebut merupakan salah satu solusi dalam rangka meningkatkan kualitas bisnis di era digital ini dengan pertumbuhan bisnis yang maksimal. Alhasil, penerapan konsep ini dapat mengoptimalkan perusahaan dengan membelanjakan dan costing sesedikit mungkin agar perusahaan dapat bekerja lebih efisien.

Untuk mencapai laba yang berkelanjutan, terutama dalam jangka panjang bagi perusahaan, tentunya perlu dipikirkan strategi agar mendapatkan laba tetap selama optimalisasi bisnis di perusahaan. Perusahaan harus mengalokasikan saham kepada perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Itulah sebabnya implementasi pusat layanan bersama  memainkan peran utama dalam realisasi hal di atas.

Read More :