5 hal yang perlu Anda pahami tentang registrasi kartu Telkomsel : YayasanBaik

Cara daftar kartu Telkomsel, pahami detail dan tahapannya

Kini,  pemilik kartu SIM prabayar harus melakukan registrasi terlebih dahulu.   Pembuatan kata kuncinya, cara daftar kartu Telkomsel,  juga banyak dicari oleh pengguna internet.   Mengingat  sejak tahun 2017, aturan  ini  sudah diterapkan pemerintah   dengan syarat menggunakan data NIK  dan  nomor KK.

Fase pendaftaran ini  berlaku untuk pelanggan  baru  dan  lama dan menggunakan langkah yang sama.   Jika Anda tidak  melakukan prosedur ini, penalti yang diterima  adalah tidak dapat  mengaktifkan nomor telepon.   Oleh karena itu, ia memiliki    nilai wajib bagi siapa saja yang menggunakan kartu SIM prabayar .

Termasuk   pengguna    nomor Telkomsel, jika  hanya memberikan kartu, lakukan langkah ini.   Tapi jangan khawatir, di sana Anda adalah cara mudah untuk melakukannya.   Sebelum menjelaskan  fase-tahapannya,   berikut beberapa hal yang paling sering ditanyakan terkait  cara mencatat kartu Telkomsel.

5 hal yang perlu Anda pahami tentang registrasi kartu Telkomsel

Hal-hal yang  perlu  dipahami dan harus diketahui  sebelum melakukan registrasi di   kartu Telkomsel, sebagai berikut:

  1. Alasan di baliknya

Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika,  keputusan pendaftaran  dilakukan untuk  memberikan perlindungan kepada konsumen yang menggunakan kartu SIM prabayar.   Mengingat  banyaknya jenis  penipuan  seperti hoaks dan penipuan.   Ini juga digunakan untuk mendukung Identitas Singel nasional,  salah  satu  kepentingan yang dirancang oleh pemerintah.

Kepentingan di atas sendiri ditujukan untuk secara langsung menghubungkan identitas   pemilik kartu dengan data populasi.   Caranya adalah dengan menghubungkan sistem operator seluler dengan database milik Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil).   Dasar hukumnya sendiri ada pada  peraturan  Menteri   Komunikasi dan Informatika nomor 14 tahun 2017.

  1. Ganti jika belum memiliki E-KTP

Pengguna kartu prabayar tidak  perlu khawatir ketika belum  memiliki e-KTP. Karena yang   dibutuhkan adalah  nomor induk kependudukan (NIK).   Jadi ada opsi lain untuk melihat  nomornya.   Anda hanya perlu melihatnya dari peta keluarga (KK).   Jadi  semua bisa mendaftar  karena semua orang sudah memiliki NIK.

  1. Privasi dan keamanan terjamin

Beberapa orang mungkin khawatir dengan masalah pengajuan NIK dan nomor KK.   Namun pemerintah menjamin keamanan data ini. Karena  semuanya masuk ke server Dukkutil.   Sehingga tidak akan bisa digunakan oleh operator Telkomsel atau lainnya.   Jika ada kebocoran,   bisa dikenakan hukuman pidana.

  1. Jumlah angka untuk satu pengguna

Pada dasarnya,  data seseorang  dapat  direkam pada beberapa  angka.   Namun ketentuan tetap berlaku. Salah satunya adalah   diperbolehkan  mendaftarkan hanya tiga nomor  khusus  yang melakukannya melalui SMS.   Diperbolehkan melebihi tiga angka selama  metode registrasi kartu Telkomsel dilakukan langsung di outlet.

  1. Hukuman karena tidak melakukannya

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, ada hukuman jika Anda  tidak segera mendaftar.   Yang pertama adalah nomor telepon Telkomsel tidak diaktifkan.   Secara otomatis, semua panggilan,  penggunaan internet,  dan pengiriman pesan tidak dapat langsung.   Artinya,  agar  bisa  digunakan,  tahapan ini sebenarnya wajib anda lakukan.

Cara registrasi kartu Telkomsel  via SMS

Langkah  pertama ini  adalah ah yang  paling berlumpurdan paling sering digunakan, yaitu melalui SMS.   Pertama tentunya anda perlu menyiapkan  KK  dan KTP terlebih dahulu, bisa juga hanya menjadi KK.   Selanjutnya,  Anda  perlu membuka menu notifikasi  di ponsel Anda.   Berikut detail tahapannya.

  1. Nye brugerspefikke faser

Ketika menu pesan terbuka, pertama-tama ketik format pesan REG(spasi)NIK#NumberKK#. Setelah  menuliskannya,  kirimkan ke nomor 4444.   Contohnya adalah REG 987654321#123456789# dan kemudian kirimkan ke 4444.   Nantinya,  pesan respon akan   diberikan oleh  operator jika registrasidiproses dengan benar.

  1. Fase khusus penggunaan lama

Cara daftar kartu Telkomsel khusus pengguna lama   hampir sama formatnya.   Anda hanya perlu menambahkan kata   “re”. Format pesan  yang akan ditulis adalah REG (spasi) ULANGNIK #NumberKK #.   Contohnya adalah  REG ULANG987654321#123456789# dan kemudian juga mengirimkannya ke nomor yang sama yaitu 4444.

Nantinya, ketika kamu berhasil melakukan proses ini, maka akan mendapatkan pesan balasan.   Tetapi mungkin juga prosesnya gagal karena beberapa alasan tertentu.   Jika tahap ini tidak berhasil atau gagal,  kami akan menjelaskan  cara  mengatasinya  dalam  diskusi di akhir artikel  berikut.

Anda sebenarnya diperbolehkan  menggunakan metode registrasi kartu Telkomsel  pertama atau kedua, terserah Anda mana yang mudah.   Nantinya, ketika prosesnya lancar,  Anda akan menerima  pemberitahuan. Tanda  lain ketika  berhasil  adalah   kartu prabayar Telkomsel dapat digunakan untuk keperluan telepon,  mengirim pesan, internet dan kebutuhan lainnya.

Tahapan pendaftaran yang mudah melalui  website resmi Telkomsel

Selanjutnya adalah cara mendaftar melalui website.   Langkah  kedua ini juga bisa dikatakan cukup mudah.  Persyaratannya juga sama, yakni NIK dan nomor KK.   Disarankan untuk kamu yang memiliki  akses internet.   Di bawah ini adalah tahapan pendaftaran melalui situs web resmi secara lebih rinci.

  1. Buka situs web resmi

Cara daftar  kartu  Telkomsel yang pertama  adalah  dengan  membuka website resmi Telkomsel yaitu https://www.  Telkomsel.com/. Kemudian, buka menu bernama daftar ulang prabayar.   Bisa juga menggunakan opsi langsung buka ke website https://www. Telkomsel.com/en/registrationprepaid sehingga  secara otomatis dialihkan ke  menu registrasi kartu prabayar Telkomsel.

  1. Isi dokumen yang diinginkan

Langkah selanjutnya  adalah mengisi beberapa dokumen yang diinginkan.   Dokumen-dokumen tersebut antara lain  nama,  nomor kartu keluarga,  dan NIK. Dimana NIK juga bisa diambil dari KTP atau kartu keluarga.   Pastikan semua dokumen yang telah dilengkapi sudah benar  agar    tahap pendaftaran dapat diproses dengan lancar.

Kemudian, setelah memilih  kata “OK”, syarat dan ketentuan keluar.   Pemilik kartu  dapat  membacanya terlebih dahulu.   Kemudian,  jika Anda  menyetujui syarat dan  ketentuan,   pilih  opsi yang disebut “Setuju.”    Kemudian,   tahap pendaftaran melalui situs ini akan berhasil setelah  warga  yang diisi  sudah benar.

Jika pendaftaran gagal, coba, cara memperbaikinya di bawah ini

Menurut Kominfo sendiri, alasan  cara registrasi kartu  Telkomsel bisa  saja gagal hasilnya karena beberapa hal.    Kemungkinan pertama adalah  adanya  kesalahan data  KTP dan   nomor KK ganda yang menyebabkannya terblokir.   Opsi kedua  adalah kesalahan dalam mengisi  jumlah  dokumen  pribadi  milik pemohon.

Las  ketiga adalah nomor KK,  yang telah diubah menjadi  baru  karena  memindahkan tempat tinggalnya ke kota lain.   Alasan  kesalahan terakhir  mungkin karena  nomor KK   juga  telah berubah, tetapi karena kepala keluarga telah menunjukkan sertifikat kematiannya .    Jika kesalahan terjadi karena hal di atas, atasi dengan langkah ini

  1. Periksa kembali formatnya

Ketika kesalahan pertama terjadi, coba   periksa kembali apakah data yang ditulis sudah benar.   Jika  angkanya  benar, lihat kembali  format  yang  dikirim.     Pastikan  format, angka, dan surat  yang  dikirim untuk pendaftaran  semuanya sudah benar.

  1. Coba kirim pesan hingga lima upaya

Ketika data sudah benar tetapi masih gagal, terus   kirim SMS hingga lima upaya.   Setelahy a ,  jika  datanya benar, operator mengirimkan respons.    Setelah itu, nomor Telkomsel anda akan diaktifkan.   Tidak perlu  khawatir dengan pengurangan pulsa karena proses ini dijamin gratis.

  1. Tanyakan langsung ke outlet

Datanglah ke  gerai  Telkomsel  ketika registrasi  terus gagal, meskipun  Anda  sudah mencoba semua tahapan registrasi kartu prabayar  di atas.   Jangan lupa membawa dokumen yaitu KTP dan KK.   Anda nantinya  akan  diminta untuk memberikan pernyataan bahwa data dan ID perangkat yang telah diisi sudah  benar, setelah itu akan diproses.

Untuk  dapat digunakan, pada dasarnya  Anda  harus memilih  salah satu   tahapan pendaftaran Telkomsel ini, Anda dapat  memilih melalui SMS atau situs web resmi.     Pilih mana yang paling nyaman dan cepat secara bertahap.   Jangan lupa untuk selalu   detail saat melakukan registrasi  kartu Telkomsel ini agar nantinya akan berhasil.

Read More :