4 Langkah  Cara Memperbarui Paspor Online Anda Berikutnya  Berikut Adalah Biaya Pembayaran : KabarHarianNet

Aman, cara update paspor online dengan menghindari keramaian

Tahun ini,  cara paspor diperpanjang secara online dianggap lebih aman.   Dalam beberapa bulan terakhir, pandemi Covid-19 telah mengharuskan semua orang untuk menghabiskan lebih banyak waktu di rumah atau menghindari kerumunan.   Jadi mengurus paspor secara online   sekarang  adalah  pilihan yang tepat memang.

Bahkan beberapa waktu lalu layanan tersebut dibatalkan.    Meski  sudah dibuka kembali sejak 15 Juni 2020,  tidak ada amu yang mencoba memperpanjangnya secara online.    Hanya mencakup  beberapa dokumen  , Anda tidak perlu lagi mengantri.

Ada dua jenis  dokumen  yang diperlukan sebagai syarat perpanjangan, yaitu KTP elektronik dan paspor lama.   Namun perlu diingat bahwa ketentuan tersebut hanya berlaku untuk atau setelah produksi 2009.   Output seb elum,  yang terjadi pada tahun 2009,  berbeda.  Untuk  lebih spesifiknya,  Anda bisa memahami kondisi dan langkah-langkah berikut ini.

Ketahui waktu yang tepat untuk memperbarui paspor Anda   dan untuk menyiapkan dokumen

Penting untuk dipahami bahwa   masa  berlaku  paspor umum Indonesia  adalah lima  tahun setelah  penerbitan  pertamanya .   Setelah itu,  Anda bisa  menggunakannya  kapan saja selama interval waktu tersebut  untuk  bepergian ke luar Indonesia.   Tentu saja, dengan syarat masih ada halaman  tersisa  untuk  masuk dan keluar dari  negara tertentu.

Tetapi  tidak disarankan  untuk  mencari cara untuk  memperpanjang paspor online Anda.  Alasan untuk ini adalah bahwa  otoritas imigrasi  tidak mengizinkan mereka yang memiliki  masa berlaku  kurang dari enam bulan.   Jadi jika  Anda  tidak ingin   dibatasi pada tahap imigrasi saat  bepergian  ke luar negeri, perpanjang  enam  bulan sebelum tanggal  kedaluwarsa  .

Seperti yang dijelaskan sebelumnya  , persyaratan untuk perpanjangan  dapat bervariasi tergantung pada tahun publikasi.   Khusus untuk  masalah yang terjadi pada tahun 2009 dan seterusnya, dokumen  harus disiapkan hanya untuk KTP elektronik dan paspor lama. Sementara itu  , lebih banyak dokumen diperlukan dalam hal-hal sebelum 2009.

Secara khusus,  cara memperpanjang paspor online yang dikeluarkan sebelum 2.009  akan  hampir  identik ketika k amu  baru dibuat.   Ini termasuk kartu  identitas elektronik, kartu keluarga, paspor lama.   Kemudian akta kelahiran  dan surat-surat lainnya dengan nama  lengkap pemohon,  tempat lahir  beserta nama  orang tua.

Khusus untuk orang asing yang telah berganti kewarganegaraan menjadi  WNI   ,  mereka juga membutuhkan  surat keterangan kewarganegaraan  di Indonesia.   Khususnya,  bagi  mereka  yang telah  mengubah nama  mereka,  diperlukan surat tekad untuk  mengubah  nama  .  Ini adalah  dokumen terperinci yang diperlukan  untuk individu yang  paspornya  dikeluarkan  sebelum  2009.

4 Langkah Pertama Untuk  Memperbarui Paspor Online, Instal Aplikasi

Memilih cara memperbarui   paspor secara online  tidak lagi memerlukan  antrian untuk pendaftaran.   Nantinya,  akan diminta untuk  datang ke kantor imigrasi untuk menerapkan tahapan   penting lainnya .  Untuk informasi lebih lanjut, berikut cara mudahnya, mulai dari menginstal aplikasi terlebih dahulu  hingga menyimpan bukti  pendaftaran kode QR.

  1. Instal layanan Apk

Langkah pertama adalah  menginstal Layanan Paspor Online di perangkat Android dan iOS sejak awal. Anda dapat mengunduhnya di App Store dan Google Play Store.  Aplikasi  tersebut kemudian akan diinstal secara otomatis, karena ini adalah rilis  resmi  dari  Direktur Jenderal  Imigrasi Kementerian Hak Asasi Manusia  Republik Indonesia  h ukum  .

  1. Shaklni to’ldirish

Langkah  selanjutnya  adalah mengisi formulir di aplikasi bawaan .  Isi    semua dokumen  yang telah disiapkan sebelumnya  .   Mengingatkan  untuk selalu perhatian saat melakukan.  Untuk  menghindari kesalahan data atau dokumen lebih lanjut dapat menyebabkan  setiap proses p-anchored  gagal sesuai kebutuhan.

  1. Ofisning jadvali va manzilini tanlang

Cara  memperbarui paspor Anda secara online  selanjutnya adalah dengan ingat untuk memilih  lokasi kantor imigrasi.  Tentu saja,  pilih kantor yang  paling dekat dengan  alamat  pelamar saat itu.   Juga  , ingatlah untuk menyesuaikan jadwal dengan waktu luang Anda.   Jadi Anda dapat melakukan sesuatu tanpa khawatir bertabrakan dengan garis besar penting lainnya.

Anda  juga perlu   mengisi jumlah orang yang mengajukan perpanjangan.  Pemohon juga harus memastikan  bahwa ada kuota pendaftar yang memadai pada  tanggal tersebut  . Setelah  menyelesaikan fase pengisian ini  ,  pemohon dapat mengklik menu lanjutan untuk  yang berikutnya.

  1. Jangan lupa untuk menyimpan bukti pendaftaran

Setelah menyelesaikan pendaftaran dan mengisi formulir aplikasi, pemohon menerima kode QR.   Kode ini adalah bukti bahwa  k telah  menjangkau  program  ekstensi amu.   Simpan  bukti ini sehingga kemudian   akan  ditunjukkan kepada  petugas  imigrasi yang  dipilih sebelumnya.

4 Langkah  Cara Memperbarui Paspor Online Anda Berikutnya  Berikut Adalah Biaya Pembayaran

Selain  langkah-langkah di atas, ada tahapan lain yang  harus dilaksanakan,    antara lain:

  1. Kunjungi kantor imigrasi sesuai  jadwal

Pemohon telah menyusun  jadwal pendaftaran, serta alamat kantornya.  Cara  selanjutnya  untuk memperbarui  paspor Anda secara online adalah tiba tepat waktu dengan cara yang ditentukan.    Jangan lupa untuk membawa dokumen yang diperlukan. Juga,  jika perlu,  pastikan Anda mengenakan pakaian bersih.   Jadi foto dari paspor  terakhir Anda  juga bagus.

  1. Tunjukkan bukti pendaftaran

Pemohon  juga  harus  membuat dokumen konfirmasi kode QR pada pendaftaran.  Sesampainya di kantor imigrasi,  tunjukkan  bukti ini kepada petugas.    Petugas kemudian memberikan beberapa bentuk.  Seiring dengan persyaratan yang  telah disiapkan   sebelumnya  , isi formulir yang kemudian akan diperiksa  .

  1. Melakukan tahapan wawancara

Jika ada beberapa antrian  ,  Anda harus menunggu beberapa saat sebelum tahap  wawancara .   Setelah itu, tentu saja,  beberapa pertanyaan diajukan dan dilanjutkan dengan fotografi.     Anda juga akan diberikan stempel sidik jari.   Kemudian, Anda  harus menunggu sampai Anda dipanggil kembali ke  tahap berikutnya.

  1. Bayar dengan pembayaran  berikut

Cara  terakhir untuk memperbarui paspor online  adalah dengan membayar .   Jumlah yang harus dibayar bervariasi tergantung pada jenis paspor.    Misalnya,  pasp o r reguler setebal 24 halaman memiliki kisaran  biaya Rp100.  000,- hingga Rp200.000,-.   Berbeda dalam 48 halaman,  menghabiskan kisaran Rp300.  000,- Rp600,00 hingga0,-.

Berbeda untuk paspor elektronik dengan 24 halaman  , harganya sekitar RP350.  000,- hingga Rp800.000,-. paspor elektronik setebal 48 halaman sekitar Rp600.  1.200.000,-.  Anda kemudian dapat dikenakan  biaya layanan tambahan untuk  menggunakan  teknologi sistem  penerbitan  berbasis biometrik pada paspor elektronik seharga  Rp 55.000,-.

Kemudian, pemohon akan  diminta untuk menunggu interval tiga hari  kerja  sampai  paspor  perpanjangan  selesai.   Pelamar dapat memilih untuk  dibawa atau  diantar pulang  langsung di kantor imigrasi.   Anda hanya perlu memilih  cara  mana yang  paling mudah, tetapi tentu saja  dapat dikenakan biaya tambahan dalam hal  opsi  pengiriman ke rumah.

Cara  memperbarui  paspor yang kedaluwarsa

Jika Anda memiliki paspor yang kedaluwarsa , Anda tidak perlu khawatir,  karena  masih  dapat  diperpanjang .   Artinya,  masa berlakunya masih lebih dari lima tahun setelah publikasi pertama.   Istilah-istilah yang dimaksud tidak jauh berbeda dengan yang disebutkan sebelumnya.

Anda harus memenuhi persyaratan  , termasuk  fotokopidan KTP asli.  Kemudian  bawa paspor  lama bahkan ke  tempat di mana tikari adalah tanggal keaslian.  Kemudian  k amu   harus  melalui  tahapan yang sama ketika  perpanjangan paspor masih  aktif . Layanan ini bisa melalui apk atau manual, yaitu mengunjungi kantor imigrasi.

Langkah memperpanjang masa berlaku ini  sendiri juga  yang terbaru.   Perlu juga dicatat bahwa  tanggal  kedaluwarsa  khusus untuk  paspor  Indonesia sebenarnya diperpanjang  pada tahun 2020,  yaitu  10  tahun   .   Ini berarti bahwa jika Anda  memperbarui sekarang,  paspor akan berlaku selama 10 tahun.

Bepergian ke luar   Indonesia  memerlukan beberapa persyaratan, salah satunya paspor.   Jadi, selalu  pastikan  paspor Anda berlaku   minimal 6 bulan agar tidak mengganggu proses imigrasi.  Yang  harus Anda lakukan adalah  memilih untuk menggunakan metode memperbarui paspor Anda secara online, seperti yang kami jelaskan,   atau  hanya panduan.

Read More :